test


widgets

Senin, 27 Oktober 2014

Profil tentang lokomotif seri bb 306

BB306

BB306
BB306
BB 306 84 06 dalam dinas langsir di Stasiun Medan
Sumber tenaga:
Diesel hidraulik
Perusahaan pembuat: Henschel (Jerman)
Data teknis
Roda
Susunan roda AAR: B-B
Klasifikasi UIC: Bo'Bo'
Dimensi
Lebar sepur: 1.067 mm
Panjang: 11.200 mm
Lebar: 2.900 mm
Berat
Berat kosong: 44 ton
Motor traksi: 4 buah
Transmisi dan kinerja
Kecepatan maksimum: 90 km/jam
Daya mesin: 900 HP
Karier
Perusahaan pemilik: PT Kereta Api Indonesia
Daerah operasi: Pulau Jawa dan Sumatera


Lokomotif BB306 adalah lokomotif diesel hidrolik yang dimiliki oleh Dipo Kereta-kereta Besar di Jakarta Kota. Loko ini kerap digunakan untuk melangsir kereta penumpang yang akan diberangkatkan dari Stasiun Jakarta Kota (JAKK). Lokomotif ini sering digunakan pada tahun 80-an hingga 90-an, sejak datangnya era KRL, loko ini mulai terlupakan dan kebanyakan rusak termakan usia dan kurang suku cadang {salah satunya BB306 16 (afkir karena Tragedi Bintaro)}. Lokomotif ini hanya terdapat di Stasiun Jakarta Kota (dipo lokomotif Tanah Abang) (di antaranya BB306 08, BB306 10 - BB306 11, BB306 17 - BB306 19), dipo lokomotif Medan (di antaranya BB306 01, BB306 03, BB306 05 BB306 06, BB306 21, BB 306 22), dan dipo lokomotif Padang (di antaranya BB306 12 - BB306 14).
Lokomotif BB 306 01, BB306 06, BB302 12, BB306 19 sudah menggunakan penomoran serta logo PT Kereta Api Indonesia dan striping terbaru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar