BB200
BB200 | |
---|---|
![]()
BB 200-03 di Stasiun Solo Balapan
|
|
Sumber tenaga: Diesel elektrik |
|
Perusahaan pembuat: | General Motors Electro Motive Division, Amerika Serikat |
Model: | EMD G8A1A |
Data teknis | |
Roda | |
Susunan roda AAR: | A1A-A1A |
Dimensi | |
Lebar sepur: | 1.067 mm |
Panjang: | 13.106 mm |
Lebar: | 2.794 mm |
Berat | |
Berat kosong: | 70 ton |
Mesin, motor traksi, dan converter | |
Penggerak utama: | EMD 8-567 |
Motor traksi: | 4 buah |
Transmisi dan kinerja | |
Kecepatan maksimum: | 110 km/jam |
Daya mesin: | 875 HP |
Lokomotif ini kemudian dioperasikan oleh Daop 4 Semarang dan Divisi Regional III Sumsel, dan disimpan di beberapa dipo lokomotif, antara lain :
- Dipo Lokomotif Semarang Poncol (BB200-21, BB200-29)
- Dipo Lokomotif Tanjung Karang (BB200-07, BB200-14)
Profil
- Dimensi
- Lebar sepur (track gauge): 1067 mm
- Panjang body: 13106 mm
- Jarak antara alat perangkai: 14006 mm
- Lebar badan (body): 2794 mm
- Tinggi maksimum: 3760 mm
- Jarak gandar: 3200 mm
- Jarak antar pivot: 7620 mm
- Diameter roda penggerak: 1016 mm
- Diameter roda idle: 889 mm
- Tinggi alat perangkai: 760 mm
- Berat
- Berat kosong: 70 ton
- Berat siap: 74,8 ton
- Berat adhesi: 49,6 ton
- Motor Diesel
- Tipe: EMD 8-567 C
- Jenis: 2 langkah, supercharger
- Daya Mesin: 900 HP
- Daya ke generator/converter: 875 HP
- Motor Traksi/Converter
- Jumlah motor traksi: 4
- Tipe motor: GM D-19,arus searah
- Gear ratio: GM D-15 E, arus searah
- Tipe generator: -
- Performansi
- Kecepatan maksimum: 110 km/jam
- Gaya tarik maksimum (adhesi): 10416 Kgf
- Kecepatan minimum kontinu: 17 km/jam
- Jari-jari lengkung terkecil: 58,6 m
- Kapasitas
- Bahan bakar: 1900 liter
- Minyak pelumas: 500 liter
- Air pendingin: 700 liter
- Pasir: 340 liter
- Lain-lain
- Sistem rem: Udara tekan, dinamik, parkir
- Tipe kompresor: WBO, Gardner Denver
Tidak ada komentar:
Posting Komentar