BB306
| BB306 | |
|---|---|
BB 306 84 06 dalam dinas langsir di Stasiun Medan
|
|
| Sumber tenaga: Diesel hidraulik |
|
| Perusahaan pembuat: | Henschel (Jerman) |
| Data teknis | |
| Roda | |
| Susunan roda AAR: | B-B |
| Klasifikasi UIC: | Bo'Bo' |
| Dimensi | |
| Lebar sepur: | 1.067 mm |
| Panjang: | 11.200 mm |
| Lebar: | 2.900 mm |
| Berat | |
| Berat kosong: | 44 ton |
| Motor traksi: | 4 buah |
| Transmisi dan kinerja | |
| Kecepatan maksimum: | 90 km/jam |
| Daya mesin: | 900 HP |
| Karier | |
| Perusahaan pemilik: | PT Kereta Api Indonesia |
| Daerah operasi: | Pulau Jawa dan Sumatera |
Lokomotif BB306 adalah lokomotif diesel hidrolik yang dimiliki oleh Dipo Kereta-kereta Besar di Jakarta Kota. Loko ini kerap digunakan untuk melangsir kereta penumpang yang akan diberangkatkan dari Stasiun Jakarta Kota (JAKK). Lokomotif ini sering digunakan pada tahun 80-an hingga 90-an, sejak datangnya era KRL, loko ini mulai terlupakan dan kebanyakan rusak termakan usia dan kurang suku cadang {salah satunya BB306 16 (afkir karena Tragedi Bintaro)}. Lokomotif ini hanya terdapat di Stasiun Jakarta Kota (dipo lokomotif Tanah Abang) (di antaranya BB306 08, BB306 10 - BB306 11, BB306 17 - BB306 19), dipo lokomotif Medan (di antaranya BB306 01, BB306 03, BB306 05 BB306 06, BB306 21, BB 306 22), dan dipo lokomotif Padang (di antaranya BB306 12 - BB306 14).
Lokomotif BB 306 01, BB306 06, BB302 12, BB306 19 sudah menggunakan penomoran serta logo PT Kereta Api Indonesia dan striping terbaru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar